+62 (0717) 422145
Link Penting UBB

UBB On The Road

Universitas Bangka Belitung On The Road
15 Oktober 2023 | 19:36:48 WIB


Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif di SDN 23 Pangkalpinang Oleh Tim MBKM Riset


Pangkalpinang, UBB-- Sebagai implementasi kebijakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), pada hari Senin, 10 Juli 2023, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bangka Belitung resmi menyelenggarakan kegiatan MBKM Tahun 2023. Melalui kegiatan ini, mahasiswa terdorong untuk menggunakan hak belajar di luar kampus sendiri selama satu semester atau setara dengan 20 SKS dengan mengikuti program MBKM, salah satunya adalah program penelitian/riset.

Program penelitian/riset merupakan kegiatan riset akademik, baik sains maupun sosial humaniora, yang dilakukan di bawah pengawasan dosen atau peneliti. Pada program ini, tepatnya pada tanggal 25 Juli 2023, kelompok mahasiswa MBKM Riset terpilih dari Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mulai terjun untuk melaksanakan kegiatan penelitian yang berlokasi di SD Negeri 23 Pangkalpinang. Kelompok yang beranggotakan tiga mahasiswi yakni Livia Feranty sebagai ketua tim bersama dengan Sonia Anggraeini dan Tasya Meylani melakukan kegiatan penelitian dengan topik Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dibimbing oleh I Nyoman Pasek Darmawan, S.Pd., M.Pd. sebagai dosen fasilitator.

Kegiatan penelitian ini berpusat pada tujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata (vocabulary mastery) dalam Bahasa Inggris untuk para siswa-siswi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yakni rendahnya kemampuan Bahasa Inggris khususnya siswa kelas 5A di SDN 23 Pangkalpinang yang dibuktikan dari hasil belajar siswa pada semester sebelumnya. Berangkat dari hal tersebut, kelompok MBKM Riset Universitas Bangka Belitung 2023 ini melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dengan memperkenalkan dan mengembangkan strategi dan media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa khususnya pada bidang kosakata (vocabulary).

Untuk mencapai tujuan penelitian, kelompok MBKM Riset ini menerapkan strategi pembelajaran inovatif yakni Teams-Games Tournament (TGT) berbasis pembelajaran kooperatif yang didukung dengan penggunaan media pembelajaran, Flashcard. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdapat 2 pertemuan. Pelaksanaan penelitian resmi berhenti pada pertemuan kedua di siklus kedua setelah diperolehnya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Dalam pelaksanaannya, kelompok mahasiswa dan dosen fasilitator menyusun rancangan penelitian berupa penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pemilihan materi dengan menyesuaikan Silabus yang ditetapkan oleh sekolah mitra, hingga penyusunan laporan akhir dan publikasi artikel ilmiah di jurnal nasional terakreditasi sebagai luaran wajib pada kegiatan ini sebagai landasan penunjang konversi SKS dan hal lainnya yang berkaitan dengan program MBKM Riset ini.

Saat ini, kelompok mahasiswa MBKM Riset UBB 2023 ini sedang bersiap untuk penyusunan draft artikel ilmiah yang nantinya akan dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi SINTA. Dalam pelaksanaan program MBKM Riset ini, mahasiswa memperoleh pengalaman nyata dengan bertindak langsung sebagai pengajar di dalam kelas dengan diawasi oleh guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris yang ada di SDN 23 Pangkalpinang. Selain itu, melalui kegiatan ini, kelompok mahasiswa ini telah berkontribusi terhadap proses pengembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia serta dapat menciptakan peluang kerjasama yang lebih intens antara Universitas Bangka Belitung sebagai lembaga perguruan tinggi pelaksana program MBKM dengan SDN 23 Pangkalpinang sebagai mitra pelaksanaan MBKM Riset.  (Tim MBKM)

 

UBB On The Road

Berita UBB

UBB Perspectives